PKS Pastikan Belum Ada Cawapres yang Disepakati dalam Koalisi

Partai Keadilan Sosial
Lambang Partai Keadilan Sosial. (suara.com)

Jambi Seru – Koalisi yang dibentuk PKS, Demokrat dan Nasdem telah mengusulkan nama calon Presiden, yaitu Anies Baswedan. Namun sampai saat ini, PKS memastikan, belum ada nama cawapres yang disepakati dalam koalisi. Walaupun beredar kabar kalau Agus Harimurti Yudhoyono yang telah dipilih menjadi cawapres.

Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid, ketika dikonfirmasi menegaskan jika sampai saat ini untuk kesepakatan nama cawapres belum ada.

“Belum,” katanya, Rabu (19/10/2022).

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, untuk calon presiden, ketiga partai tersebut telah sepakat untuk mengusung Anies Baswedan.

Seperti dikutip dari laman suara.com (media partner jambiseru.com), dengan artikel yang berjudul PKS Tegaskan Belum Ada Kesepakatan Nama Bakal Cawapres Di Penjajakan Koalisi Bersama NasDem Dan Demokrat, Kholid menegaskan, bahwa penjajakan koalisi belum membahas perihal cawapres. Masih ada sejumlah hal lain yang menjadi fokus pembahasan.

“(Cawapres) masih jauh, kan masih dibahas bersama-sama,” kata Kholid.

Meski begitu, diakui Kholid bahwa pemilihan cawapres menjadi salah satu pertimbangan yang membuat penjajakan koalisi belum juga dideklarasikan.

“Salah satu saja,” kata Kholid.

Diberitakan sebelumnya, koalisi NasDem, PKS, dan Demokrat belum juga dideklarasikan kendati sudah mencapai penjajakan 90 persen. Menanggapi itu Juru Bicara PKS Muhammad Kholid memaparkan sejumlah hal yang membuat deklarasi belum bisa disegerakan.

Ada empat hal penting yang menjadi poin pembahasan, sebelum akhirnya koalisi NasDem, PKS, dan Demokrat benar-benar direalisasikan. Poin pertama ialah menyangkut pilihan calon presiden dan calon wakil presiden.

“Pertama, paslon capres cawapres yang ideal,” kata Kholid kepada wartawan, Selasa (18/10/2022).

Poin kedua adalah menyamakan platform perjuangan ketiga partai. Penjajakn juga masih membahas terkait desain pemerintahan ke depan. Pembahasan itu menjadi poin ketiga.

Terakhir, yang menjadi poin keempat ialah menyusun strategi pemenangan menghadapi Pilpres 2024 apabila koalisi ini benar-benar terbentuk.

“Keempat, strategi pemenangan,” kata Kholid.

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Bidang Polhukam Al Muzzammil Yusuf mengatakan bahwa penjajakan koalisi tiga partai tersebut memang semakin menguat. Terbaru, tiga petinggi partai itu bahkan duduk bareng satu meja dengan Anies Baswedan dalam kesempatan yang sama, Minggu malam.

Anies diketahui merupakan figur yang diusung menjadi bakal calon presidne oleh NasDem.

“Insyaallah semakin menguat ke depan,” kata Muzzammil kepada wartawan, Senin (17/10/2022).

Muzzammil tidak banyak mengomentari soal progres penjajakan koalisi antara PKS, Demokrat dan NasDem. Ia hanya meminta doa agar ketiga partai bisa menghasilkan koalisi yang terbaik.

“Semoga PKS bisa membentuk koalisi untuk menghadirkan perubahan menuju perbaikan bangsa,” kata Muzzammil. (tra)

Pos terkait