Penampilan Ferdy Sambo Seperti Mau ke Kondangan Saat Hadiri Sidang Perdana

Penampilan Ferdy Sambo
Terdakwa Ferdy Sambo saat menghadiri sidang perdana. (suara.com)

Jambi Seru – Penampilan Ferdy Sambo saat menghadiri sidang perdana pada Senin (17/10/2022) menuai sorotan. Pasalnya, dengan pakaian batik lengan panjang yang dikenakannya, penampilan Ferdy Sambo seperti mau ke kondangan. Fotonya yang beredar pun langsung menuai perhatian dari netizen.

Seperti diketahui, terdakwa Ferdy Sambo akan menjalani sidang perdana kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Ia tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sekitar pukul 09.50 WIB.

Sidang perdana Ferdy Sambo ini digelar secara terbuka dan rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan, terhitung hingga Rabu (19/10/2022). Pada hari pertama ini, tidak semua terdakwa dihadirkan. Mereka yang dijadwalkan hadir yaitu Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, dan Kuat Maruf. Sementara terdakwa lainnya akan didatangkan dengan jarak waktu yang berbeda.

Bacaan Lainnya

Mengutip dari laman suara.com (media partner jambiseru.com), dengan artikel yang berjudul Pakai Batik dengan Rambut Klimis, Gaya Ferdy Sambo Disorot Publik: Rapi Kaya Mau Kondangan, saat menghadiri sidang perdana ini, mantan jenderal bintang dua itu terlihat membawa buku hitam yang sebelumnya dibawanya saat sidang kode etik dan pena ke dalam ruang sidang.

Mantan Kadiv Propam itu juga mengenakan kemeja batik dengan rompi tahanan dan celana panjang hitam. Ia terlihat pula memakai masker warna hitam.

Kedatangan mantan jenderal bintang dua itu mendapat pengawalan ketat dari Brimob. Berbeda dengan tersangka lainnya, Ferdy Sambo tidak dibawa dengan menggunakan bus kejaksaan melainkan mobil Brimob.

Baju batik yang dipakai Sambo menuai sorotan warganet yang mengikuti jalannya sidang secara daring. Tidak sedikit dari mereka yang merasa heran mengapa mantan jenderal bintang dua tidak memakai baju tahanan berwarna orange.

“Batiknya alus banget” Salah satu seseorang yang menanggapi lewat komentar di YouTube.

“Sambo pake batik.” kata seorang lainnya.

“Lak kok pake batik.” ujar seorang yang lain.

“Lah kok pake batik ini kan hari senin , fix salah kostum,” timpal akun lainnya.

“rapihh yy kaya mau kondangan,” sambung netizen lainnya.

Ada juga neitzen yang komentari belahan rambut Ferdy Sambo. “Rambut mulai belah tengah ya pak,”

Terkait dari pakaian yang dikenakan oleh terdakwa Ferdy Sambo secara aturan tidak ada yang menyatakan harus mengenakan pakaian tertentu. Hal ini tertuang dalam UU No. 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Tata cara berpakaian yang diatur di dalam KUHAP hanya ditujukan bagi hakim, jaksa, penasehat hukum, dan panitera sebagaimana termuat dalam pasal 230 ayat (2) KUHAP yang menyatakan:

“Dalam ruang sidang, hakim, penuntut umum, penasehat hukum dan panitera mengenakan pakaian sidang dan atribut masing-masing.”

Dikutip dari laman resmi PN Jaksel soal aturan tata tertib pengunjung, maka dalam persidangan perkara pidana, para terdakwa diperbolehkan menggunakan pakaian apapun asalkan tetap sopan.

Bahkan sopan tidaknya pakaian yang dikenakan terdakwa ditentukan sepenuhnya oleh Majelis Hakim yang mengadili perkara bersangkutan. (tra)

Pos terkait